apa itu MOF(4.0)?
menurut sumber yang sudah saya baca MOF merupakan bagian dari IT Infrastruktur Library, dimana MOF sendiri terdiri dari best practice, prinsip, dan
kegiatan yang memberikan panduan komprehensif untuk mencapai kehandalan untuk
solusi dan layanan Teknologi Informasi (TI). MOF 4.0 bertujuan untuk menciptakan, mengoperasikan, dan mendukung layanan
TI serta memastikan bahwa investasi di TI memberikan nilai bisnis yang diharapkan pada
dengan risiko yang dapat ditangani.
Tahapan Siklus Hidup MOF 4.0
Siklus hidup MOF 4.0 terdiri dari tiga tahapan yang sedang berlangsung dan satu tahapan
dasar yang beroperasi di seluruh semua tahapan antara lain:
a. Tahap Perencanaan
Tahap ini bertujuan untuk merencanakan dan mengoptimalkan strategi layanan TI
dalam rangka mendukung tujuan bisnis dan tujuan.
b. Tahap Penyampaian
Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan TI yang dikembangkan
secara efektif, dikerahkan berhasil, dan siap untuk dioperasikan.
c. Tahap Operasional
Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan TI dioperasikan,
dipelihara, dan didukung dengan cara yang memenuhi kebutuhan bisnis dan
harapan.
d. Tahap Pengelolaan
Tahap ini bertujuan untuk memberikan prinsip operasi dan best practice untuk
memastikan bahwa investasi di TI memberikan nilai bisnis yang diharapkan serta
dapat menangani risiko. Tahap ini berkaitan dengan tata kelola TI, risiko,
kepatuhan, peran dan Tahapan proses ini berlangsung di setiap tahapan di dalam
siklus hidup MOF 4.0.
beberapa keuntungan MOF
a. Mengurangi risiko dengan adanya koordinasi antar tim.
b. Dapat mengenali dampak yang terjadi jika dikaji dengan kebijakan yang ada.
c. Mengantisipasi dan mengurangi dampak dari mitigasi.
d. Menemukan kemungkinan permasalahan integrasi sebelum produksi.
e. Mencegah masalah kinerja dengan mengantisipasi thresholds.
f. Efektif beradaptasi dengan kebutuhan bisnis baru.
Contoh dan alasan mengapa memilih MOF
Implementasi menggunakan perusahaan fiktif, Woodgrove Bank adalah bank AS regional
yang memiliki peluang bisnis dengan perluasan operasi ke California. Perusahaan harus
mengikuti undang-undang yang mengharuskan membuat beberapa perubahan kebijakan dan
sistem keamanan dan kerahasiaan yang ada. CEO perusahaan harus mengidentifikasi pekerjaan
yang perlu dilakukan, menilai risiko, dan memastikan kepatuhan dengan peraturan pemerintah,
mendefinisikan keamanan yang diperlukan dan kontrol kerahasiaan, dampak dari perubahan,
perencanaan untuk perubahan, bangunan, pengujian, dan menyiapkan layanan untuk pelanggan
dan operasi dalam mendukung perubahan.
sedangkan alasan menggunakan MOF tentunya karena best practice ini memiliki kehandalan
yang sudah teruji sebelumnya di Microsoft. Microsoft merupakan salah satu perusahaan TI
terbesar di dunia. Hadirnya best practice ini tentunya berdasarkan pengalaman pengembang
infrastuktur TI yang ada di seluruh dunia.
referensi : ilmukomputer.com
Senin, 25 April 2016
Minggu, 20 Maret 2016
contoh nyata dari metode yang digunakan untuk meningkatkan proses yang menjadi key steps pada Six Sigma
Six sigma memiliki dua metode yaitu metode DMAIC
dan metode DMADV
Metode DMAIC lebih cenderung ke strategi data-driven
meningkatkan proses.metode ini digunakan untuk meningkatkan metode bisnis yang
ada.
Sedangkan DMADV lebih cenderung ke strategi data-driven
untuk perancangan dan proses. Metode ini biasanya lebih cenderung ke
perancangan produk yang baru.
Contoh dari metode yang digunakan pada metode DMAIC adalah
1.
Define
Define mendefinisikan masalah atau tujuan
dari proyek yang perlu ditangani
2.
Measure
Measure mengukur masalah dan proses dari
yang di produksi
3.
Analyze
Untuk menganalisa data dan proses untuk
menentukan akar permasalahan dan kesempatan
4.
Improve
Untuk meningkatkan proses dengan menemukan masalah
untuk diselesaikan, mengurangi dan mencegah masalah dimasa yang akan datang
5.
Control
Mengimplementasikan,mengontrol dan
mem[ertahankan solusi perbaikan untuk menjaga prpses dilapangan baru.
Sedangkan pada metode DMADV stepsnya sama
hanya berbeda pada DMADV tidak
menggunakan Improve dan Control, digantikan dengan design dan Verivy
Design adalah untuk merancang sebuah orises
yang akan menemukan apa yang pelanggan butuhkan
Dan verify memastikan performa perancangan dan
kemampuan untuk menemukan apa yang pelanggan butuhkan
sumber ; http://www.tutorialspoint.com/six_sigma/six_sigma_methodology.htm
sumber ; http://www.tutorialspoint.com/six_sigma/six_sigma_methodology.htm
Sabtu, 19 Maret 2016
5 Domain Proses Utama yang Terdapat Pada Information Technology Infrastructure Library (ITIL).
berikut adalah 5 domain utama yang terdapat pada informasi technolofy infrastructure library (ITIL)
1. Service strategy membantu sebuah perusahaan atau organisasi
mengerti manfaat dari penggunaan pendekatan kepada pasar. Service strategy juga
membantu mendesign, develop, dan mengimplementasikan pelayanan manajemen serta
aset yang strategis dengan baik.
Contohnya adalah business relationship manajemen. Business
relationship manajement berkaitan dengan membangun hubungan yang baik antara
penyedia layanan dan pelanggan dengan memastikan bahwa layanannya sesuai dengan
yang client butuhkan
2. Sevice design mencakup dasar-dasar perancangan dan proses
layanan. Service design harus terlebih dahulu dirancang dengan acuan tujuan
bisnis dari pelanggan. Semua aspeknya berdekatan dengan service oriented
thinking dan pengambilan keputusan
Contohnya adalah dari salah satu proses service design
adalah suplier management. Suplier manajemen bekerja dengan pihak ketiga,
seperti pemasok, untuk menegosiasikan kontrak produk atau jasa. Suplier
management memantau kesesuaian dengan kondisi kontrak dan alamat setiap
pelanggaran pada produk ataupun jasa.
3. Service transition membantu merencanakan dan mengelola
perubahan keadaan layanan dalam siklus lifesycle perusahaan atau organisasinya.
Mengatur resiko baru, perubahan dalam melindungi lingkungan produk.
Contohnya adalah service transition planning and support.
Dimana ada pertentangan sumber daya, emngembangkan jadwal yang memenuhi
persyaratan stake holer adalah salah stu yang termasuk kedalam service
transition planning and support.
4. Service operation meliputi hari-hari kegiatan, proses, dan
infrastruktur yang bertanggung jawab untuk memberikan nilai bisnis melalui
teknologi. Service Operation juga merupakan tahapan
lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan
layanan-layanan TI.
Contohnya adalah event management. Dimana event yang
dihasilkan oleh sistem operasi, sistem
manajemen database, middleware,
aplikasi, dan alat-alat monitoring.
5. Continual service improvement atau yang biasa disebut CSI
menggunakan pendekatan metrik untuk peluang mengidentifikasi perbaikan dan
untuk mengukur dampak dari upaya perbaikan
Contohnya CDI berdasarkan oada pendekatan plan-do-check-act.
http://www.bmc.com/guides/itil-service-design.html
Jumat, 08 Januari 2016
PENGALAMAN BERORGANISASI
Organisasi yang pernah saya ikuti adalah OSIS SMA PRISMA SERANG. Saya mulai masuk menjadi anggota kepengurusan osis periode 2012-2013 sebagai seksi keolah ragaan dan kesenian. dimana tugas tugas pada seksi in adalah membuat beragam program kerja yang berhubungan dengan olah raga dan kesenian. contohnya : acara classmeeting yang biasa diadakan pada akhir dari smester ganjil. ada berbagai masalh yang dihadapi pada seksi ini, salah satunya adalah bagaimana mengadakan acara baru yang kreatif dan inovatif. oleh karena itu anggota seksi ini selalu menyebarkan kuisioner keseluruh siswa untuk mencari tahu bakat apa yang dimiliki dan ingin dikembangkan oleh para siswa. kemudian saya naik keperiode berikutnya dan merekrut anggota baru. perekrutan angota baru dimulai dari menyebarkan info bahwa kepengurusan osis sedang membuka perekrutan anggota baru. kemudian setelah para siswa mendaftar, para siswa melewati beberapa tahap test yang diadakan oleh anggota untuk menyaring para calon anggota pengurus osis baru. test yang pertama adalah test tertulis yang berisi pengetahuan umum tentang organisasi, kemudian test yang kedua adalah test wawancara demi mengetahui apakah calon anggota tsb sangat yakin ingin mengikuti organisasi atau tidak. setelah kedua test tersebut diikuti oleh para calon anggota, para calona nggota yang sudah diterima mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). dimana di LDK ini para calon anggota diberikan bekal materi yang dibutuhkan untuk organisasi. setelah penyaringan tersebut saya dicalonkan menjadi ketua osis oleh anggota osis sebelumnya, dan alhamdulillah setelah diadakannya pemilihan ketua osis, saya memperoleh vote tertinggi dan diangkat menjadi ketua osis. menjadi ketua osis adalah tantangan baru bagi saya, saya menemukan lebih banyak masalah setelah saya mejadi ketua osis. mulai dari bagaimana cara menyatukan antara anggota lama dan baru untuk merealisasikan visi-misi organisasi ini. tetapi masalah-masalah yang saya hadapi diorganisasi dapat mendewasakan saya. ilmu yang saya dapat dari berorganisasi adalah bagaimana menjadi lebih bijaksana dan dewasa dalam menyelesaikan suatu masalah.
Minggu, 25 Oktober 2015
NEBENGERS
keadaan lalu lintas sekarang ini sudah sangat tidak pantas dibilang layak, macet dimana-mana. macet bukanlah dikarnakan oleh alam ataupun pemerintah. tapi sadar atau tidak sadar macet dibuat oleh kita sendiri yang sangat egois dan gengsi untuk menggunakan kendaraan umum. sharing is caring begitulah semboyan komunitas yang sudah terbentuk selama 3 tahun ini. Nebengers, ya itulah nama komunitas ini. komunitas dimana kita bisa membagi "tumpangan" kita yang kosong kepada orang yang membutuhkan. tujuan dari komunitas ini adalah menyatukan antara beberapa pengendara kendaraan pribadi menjadi satu kendaraan menuju tujuan yang sama. bisa kita bayangkan kalau ada 5 orang pengendara mobil yang menuju arah yang sama, kemudian kita satukan menjadi hanya satu mobil. bagaimana jika ini terjadi pada 100 lebih mobil? pasti lalu-lintas tidak akan seperti sekarang. kita bisa meminimalisir macetnya jalanan. kalau dihitung-hitung ini sangatlah menguntungkan bagi semua orang baik yang menumpangi dan ditumpangi, karena bukan hanya mendapat teman seperjalanan, tetapi yang menumpangpun dapat memberi sebuah imbalan yang sudah disepakati sebelumnya. ada banyak kegiatan tebeng-menebeng yang sudah berjalan. yaitu rute kampus, jadi jika ada dua atau lebih mahasiswa dikampus yang searah dengan rumahnya masing-masing. mereka akan disatukan dari beberapa kendaraan menjadi satu kendaraan. bayangkan jika banyak mahasiswa yang membagi tumpangan kopsongnya kepada mahasisswa yang lain selain mengurangi macetnya ibu kota, ini juga dapat menghemat ongkos karena biaya BBM dapat ditanggung bersama. selain tebeng menebeng dalam kota, anggota nebengers pun banyak yang menawarkan tempat kosongnya jika ingin pergi keluar kota, rute yang sering ada adalah Jakarta-Bandung. selain itu juga nebengers juga selalu mengadakan rute mudik disetiap musim liburan, jadi daripada kita membiarkan bangku kendaraan kita kosong, lebih baik kita share ke orang yang membutuhkan. untuk mencari tebengan kita dapat mencari via twitter dengan mention @nebengers dengan format "@nebengers #caritebengan | arah dan tujuan (via)|waktu keberangkatan|sharing" contohnya "@nebengers #caritebengan |Pasar Minggu-Gunadarma depok via lenteng agung| jam 7 pagi|share bensin 5000" kemudian kita tunggu orang yang ingin memberikan tebengan menghubungi kita. untuk format penulisa memberi tebengan hanya mengganti #caritebengan menjadi #beri tebengan.
struktur komunitas ini adalah :
struktur komunitas ini adalah :
Sabtu, 24 Oktober 2015
fashion :RakBaju
@RakBaju on instagram |
Kamis, 22 Oktober 2015
WAROJOK
![]() |
daftar menu warojok |
Sruktur Organisasi Warojok
Langganan:
Postingan (Atom)