berikut adalah 5 domain utama yang terdapat pada informasi technolofy infrastructure library (ITIL)
1. Service strategy membantu sebuah perusahaan atau organisasi
mengerti manfaat dari penggunaan pendekatan kepada pasar. Service strategy juga
membantu mendesign, develop, dan mengimplementasikan pelayanan manajemen serta
aset yang strategis dengan baik.
Contohnya adalah business relationship manajemen. Business
relationship manajement berkaitan dengan membangun hubungan yang baik antara
penyedia layanan dan pelanggan dengan memastikan bahwa layanannya sesuai dengan
yang client butuhkan
2. Sevice design mencakup dasar-dasar perancangan dan proses
layanan. Service design harus terlebih dahulu dirancang dengan acuan tujuan
bisnis dari pelanggan. Semua aspeknya berdekatan dengan service oriented
thinking dan pengambilan keputusan
Contohnya adalah dari salah satu proses service design
adalah suplier management. Suplier manajemen bekerja dengan pihak ketiga,
seperti pemasok, untuk menegosiasikan kontrak produk atau jasa. Suplier
management memantau kesesuaian dengan kondisi kontrak dan alamat setiap
pelanggaran pada produk ataupun jasa.
3. Service transition membantu merencanakan dan mengelola
perubahan keadaan layanan dalam siklus lifesycle perusahaan atau organisasinya.
Mengatur resiko baru, perubahan dalam melindungi lingkungan produk.
Contohnya adalah service transition planning and support.
Dimana ada pertentangan sumber daya, emngembangkan jadwal yang memenuhi
persyaratan stake holer adalah salah stu yang termasuk kedalam service
transition planning and support.
4. Service operation meliputi hari-hari kegiatan, proses, dan
infrastruktur yang bertanggung jawab untuk memberikan nilai bisnis melalui
teknologi. Service Operation juga merupakan tahapan
lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan
layanan-layanan TI.
Contohnya adalah event management. Dimana event yang
dihasilkan oleh sistem operasi, sistem
manajemen database, middleware,
aplikasi, dan alat-alat monitoring.
5. Continual service improvement atau yang biasa disebut CSI
menggunakan pendekatan metrik untuk peluang mengidentifikasi perbaikan dan
untuk mengukur dampak dari upaya perbaikan
Contohnya CDI berdasarkan oada pendekatan plan-do-check-act.
http://www.bmc.com/guides/itil-service-design.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar