Senin, 01 Januari 2018

Audit Teknologi Sistem Informasi : Review Aplikasi

A. IDEA

IDEA adalah aplikasi desktop yang mudah digunakan untuk melakukan analisa audit. IDEA ini memberi kekuatan bagi auditor/ analis secara langsung tanpa perantara, karena hasil IDEA sangat independen dalam memberikan laporan. IDEA sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu. IDEA merupakan sebuah konsep baru karena dapat menggunakkan komputer PC, padahal biasanya untuk melakukan pengujian audit hanya bisa dilakukan oleh aplikasi yang dijalankan di komputer server mainframe. Awalnya IDEA berjalan di sistem operasi DOS, kemudian dikembangkan untuk dapat dioperasikan di Windows 16 bit dan 32 bit. Semula IDEA dikembangkan dan dipasarkan oleh CICA (Canadian Institute of Chartered Accountants), namun pada tahun 2000 diambil alih oleh CaseWare yang memiliki banyak resource untuk mengembangkannya.

Pemanfaatan IDEA
Sistem Manajemen Audit IDEA dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang terkait dengan audit, di antaranya:
  • Untuk investigasi penipuan/ penggelapan, misalnya dalam aktitifas pembelian/ pengadaan material, penggajian, money laundering, dan lain-lain.
  • Dalam bidang keuangan dan analisa lainnya
  • Dalam bidang keamanan (jaringan, telepon, firewall logs)
  • Dalam bidang audit operasional (penyimpangan terhadap peraturan/ kebijakan perusahaan, value for money)
  • Dalam bidang audit sistem (keabsahan data, kelemahan sistem)

Keunggulan IDEA
  • IDEA melindungi sumber data dengan hanya membolehkan akses read-only pada data klien, sehingga menghindari perubahan data yang tidak diinginkan dan menjaga integritas data.
  • IDEA dapat mengeskpor dan mengimpor data dalam berbagai format, termasuk data asli dari komputer mainframe yang besar dan software akuntansi yang sudah ada.
  • IDEA memudahkan pengaturan file dan hasil analisanya serta menunjukkan sumber dari hasil audit.
  • IDEA dapat membaca dan memproses jutaan data dalam waktu cepat (hitungan detik). Tidak ada batasan jumlah data yang bisa diproses.
B. Picalo
Picalo merupakan sebuah software CAAT (Computer Assisted Audit Techniques) seperti halnya ACL yang dapat dipergunakan untuk menganalisa data dari berbagai macam sumber.Picalo bekerja dengan menggunakan GUI Front end, dan memiliki banyak fitur untuk ETL sebagai proses utama dalam mengekstrak dan membuka data, kelebihan utamanya adalah fleksibilitas dan front end yang baik hingga Librari Python numerik.
     

Picalo diklaim oleh pembuatnya, lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi CAATs yang berbasis komesial lainnya seperti ACL dan IDEA. Salah satu fitur utama yang merupakan unggulan picalo adalah plugin detelects. Detelects merupakan repositori pendeteksi fraud dan alaisis rutin yang berbasis pada wizard, dengan panduan langkah demi langkah dalam melakukan analisa yang kompleks.
Picalo dapat dijalankan diberbagai platofrm seperti windows, linux dan Mac. Picalo dibuat dengan bahasa scrpting python. Syarat utama untuk menjalankan picalo adalah bahasa python harus sudah terinstal.
Kebutuhan sistem picalo:
Python 2.5+
wxPhyton
pyODBC
pysycopg2
pygresql
MySQLdb

Berikut ini beberapa kegunaannya :

Menganalisis data keungan, data karyawan
Mengimport file Excel, CSV dan TSV ke dalam databse
Analisa event jaringan yang interaktif, log server situs, dan record sistem login
Mengimport email kedalam relasional dan berbasis teks database
Menanamkan kontrol dan test rutin penipuan ke dalam sistem produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar